Mengoptimalkan dan Memelihara PC

Mengoptimalkan dan Memelihara PC

Kita semua tahu bahwa kunci untuk menjaga perangkat dalam kondisi puncak adalah dengan melakukan pemeliharaan rutin. Pertanyaannya adalah, pemeliharaan yang bagaimana yang harus dilakukan? Pada kantor yang terdiri dari ratusan (atau ribuan) PC, pendekatan yang sistematis sangat penting.

Jalankan Defrag dan Disk Cleanup secara Reguler
Fragmentasi, terutama pada sistem yang digunakan secara intensif, akan menurunkan performa. Hati-hati menjalankan fragmentasi pada waktu fi le besar dibuka. Sebagai contoh, jika database transaksional (SQL atau MSDE) sedang berjalan, tool defragmentasi tidak bisa mengakses semua atau bagian fi lenya pada waktu men-defrag harddisk. Jika ada service yang bisa dihentikan supaya mereka dalam keadaan diam, Anda akan bisa men-defrag hard disk jauh lebih efektif. Ini merupakan pekerjaan yang cocok untuk diotomatisasi dengan mengunakan tool pihak ketiga seperti DisKeeper.

Menjalankan Disk Cleanup dapat mengoptimalkan sistem dengan mengosongkan Recycle Bin, Temporary Setup Files, Downloaded Program File, Temporary Internet Files, Old Chkdsk Files, Temporary Files, Temporary Offl ine Files, Offline Files, dan seterusnya. Supaya dilakukan secara reguler, Anda bisa menjalankan tool sebagai scheduled task.

Pastikan Firmware dan Driver Up-to-date
Update fi rmware bisa membuat sistem dalam performa terbaik. (Pastikan untuk mengetes fungsinya sebelum menggunakan update dan simpan fi rmware yang digunakan atau yang dulu digunakan, Anda bisa saja nanti membutuhkan versi yang lama tersebut).

Update driver juga bisa mengoptimalkan performa. Simpan revisi dari versi driver yang Anda gunakan. Sedangkan dengan firmware, Anda mungkin akan perlu versi archived pada masa yang akan datang.

Windows dan Aplikasi Penting Tetap Up-to-date
Gunakan Windows Update untuk menarik update (hati-hati) atau gunakan Windows Server Update Services untuk menerima daftar yang telah Anda setujui. Hati-hati akan kemungkinan timbulnya konflik dengan service pack dan update. Jika ada aplikasi kritis lain yang sedang berjalan pada PC (IIS, SQL, MSDE, dan seterusnya, gunakan service pack yang sesuai begitu tersedia. Untuk aplikasi Microsoft, cek Baseline Security Analyzer untuk mengetahui level service pack.

Pastikan Antivirus dan Anti-Spyware Tetap Up-to-date
Gunakan update otomatis untuk menarik definisi terakhir buat program Anda. Gunakan tool seperti Ad-Aware dary Lavasoft untuk proteksi ekstra terhadap Trojan, pembajakan browser, dan aktivitas jahat lainnya.

Periksa Konfigurasi Service dan Device Manager
Buka applet Services pada Windows Control Panel untuk memastikan service Windows yang sedang berjalan dan konfigurasi “Automatic at startup” sesuai dengan konfi gurasi Anda. Buka Windows Device Manager untuk melihat perangkat yang tidak berfungsi dengan baik atau yang telah dihilangkan. Komponen akan melaporkan error jika mereka tidak dikonfi gurasi dengan
benar atau tidak berfungsi.

Periksa Konfi gurasi Page File
Buka konfi gurasi virtual memory dan pastikan ukuran page fi le dan lokasinya sudah sesuai dengan jumlah ruang kosong pada
drive dan jumlah memory yang terinstalasi pada sistem.

Cek Kualitas Daya
Jika Anda mempunyai UPS, pastikan mendapatkan daya yang cukup. Jika Anda tidak menggunakannya, cek sumber daya mempunyai rangkaian yang bagus dan terground dengan benar. Pastikan juga surge suppression strips digunakan.

Lakukan Pembersihan
Lakukan pembersihan keseluruhan sistem secara periodik dengan mempreteli sistem, hilangkan semua debu, dan membersihkan
permukaan dalam dan luar komputer. (Jika Anda tidak mempunyai cairan pembersih, Anda bisa membuatnya—untuk bagian
luar—dengan mencampur alkohol dan air dengan perbandingan 1:1.) Pastikan untuk mencabut komponen elektronik pada waktu menggunakan cairan dan tunggu sampai benar-benar kering.

Anda juga harus: Jalankan CD-ROM/DVD-ROM cleaner. Seperti halnya sistem audio, drive CD-ROM/DVD-ROM bisa dibersihkan dengan perangkat khusus untuk membersihkan disc; Bersihkan monitor dengan menggunakan pembersihkan untuk menghilangkan sidik jari, debu, dan lainnya yang mengotori layar.

Pastikan Lingkungan Operasional Sudah Sesuai
Monitor area apakah mempunyai temperatur yang sesuai (antara 16 dan 21 derajat Celcius) dan kualitas udara yang baik. Hati-hati terhadap asap tembakau, lingkungan pabrik, dan debu kertas. Jika kondisi tidak seperti yang diharapkan, Anda bisa menggunakan penutup.

Cek bagian dalam dan luar komputer apakah mempunyai aliran udara yang baik. Jangan letakkan komputer di dalam kotak atau di sudut, dan pastikan harddisk atau perangkat internal lain terpasang dengan benar dan tidak memblokir aliran udara ke komponen lain. Selagi Anda melakukannya, periksa semua mur pada casing dan pastikan tutup atau panel casing di semua sisi sudah pas.
Pada beberapa sistem, panel casing sangat penting untuk aliran udara internal ke komponen.

Periksa Koneksi Internal dan Eksternal
Buka sistem dan periksa bahwa semua koneksi dalam keadaan kencang dan ditempatkan dengan benar. Periksa dua kali setiap kartu aksesoris untuk memastikan terpasang dengan kencang dan koneksinya baik.

Pastikan keregangan kabel mencukupi. Jika kabel atau koneksi terlalu tegang maka kabel, perangkat, jack/node, atau komputer bisa rusak. Pastikan kabel pada perangkat dan komputer sedikit kendor. Tegangan yang terlalu berlebihan bisa mempengaruhi performa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: