Power Supply komputer

POWER SUPPLY KOMPUTER

Power Supply biasa orang menyebutnya dengan Power Supply Unit(PSU). Dimana PSU mempunyai fungsi sebagai komponen yang memasok listrik ke komponen lain dalam komputer untuk mengkonversikan arus listrik AC(yang biasa berada di setiap rumah-rumah 110-220volt) menjadi arus listrik DC(arus listrik yang dihasilkan 3,3volt,5volt,12volt)yang menjadi daya untuk komponen internal komputer.

PSU biasa berada dibagian dalam belakang sebuah Personal Computer(PC) dan dengan fungsinya sebagai pengkoversi arus listrik AC ke arus listrik DC. PSU sendiri memiliki komponen-komponen didalamnya, komponen-komponen tersebut diantaranya adalah transformator dan fan(kipas angin) untuk membantu proses pendinginan pada PSU.

Komputer telah berkembang begitu jauh dari generasi ke generasi, perkembangan yang sangat signifikan terlihat dari bobot, fungsi, dan efisiensi. Perkembangan komputer dapat kita lihat mulai dari komputer diciptakan, dimana komputer berukuran sangat besar dan mempunyai berat sekitar 30 ton, hanya dapat berfungsi dengan cara kerja analog dan sangat lambat, juga membutuhkan daya 160kilowatt. Sekarang komputer berukuran jauh lebih kecil, dapat berfungsi dengan cara kerja hybrid(dapat berfungsi secara analog maupun digital) dan dapat melakukan proses yang sangat cepat, serta pangunaan listrik yang jauh lebih efisien. perkembangan komputer tersebut tentunya diikuti dengan perkembangan dari komponen-komponen pendukungnya, seperti halnya PSU. PSU sendiri mengalami perkembangan dari model dulu yang masih mengunakan cara kerja manual pada saat mematikan komputer(turn off) dan sekarang dapat mematikan komputer secara otomatis.

Ada beberapa jenis dari PSU :

1. Battery Power Supply adalah power supply yang biasa digunakan pada portable computer(laptop)

2. AT Power Supply adalah power supply model dulu yang menggunakan cara kerja manual untuk mematikan komputer

3. ATX Power Supply adalah model power supply yang masih dipertahankan sampai sekarang yang menggunakan cara kerja otomatis mematikan komputer

4. Uninterruptible Power Supply(UPS) adalah power supply yang mempunyai fungsi lebih yaitu sebagai penyimpan cadangan listrik. Apabila terjadi mati listrik, komputer tidak akan langsung mati untuk sementara waktu sehingga data yang belum disimpan(save) tidak langsung hilang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: